Status Kolonial Indonesia Di West Papua

West papua – Di dalam gambar itu, ditemui wajah Frans Kaisiepo, perwira nasional Indonesia asal Kembang, Papua. Ia menegaskan, tahu Papua tidak bisa secara sekilas. Otonomi khusus adalah jalan tengah moderat dengan sama-sama menguntungkan karena sejatinya pemerintah melimpahkan sepenuhnya kearifan Papua ke daerah.

Alexander Gobai, salah satu dari rintangan politik ‘Tujuh Balikpapan’, sudah melanjutkan posisinya sebagai kepala dari organisasi mahasiswa di universitasnya di Jayapura. Kira-kira 2. 000 mahasiswa ‘exodus’ West Papua’ masih berpunya di West Papua, menyambut untuk difasilitasi melanjutkan uraian di dalam West Papua atau wilayah Pasifik. Seorang remaja yang ususnya terburai akibat serangan di Fakfak masih mengalami kesulitan lempar air besar meski sudah menjalani operasi berulang kali. Tidak satu pun pelanggaran HAM sepanjang periode Sepak terjang Melawan yang telah diinvestigasi beserta patut. Pemerintah Indonesia belum mencabut kriminalisasi dan mengendalikan hukum finansial terhadap pengacara HAM Veronica Koman.

Katanya kasus rasisme di Surabaya itu bukan rasis. Berbeda dengan orang Papua yang menganalisis kasus rasisme itu dicap atau disebut orang ataupun kelompok yang termakan kabar gelap hoax hingga menyebut itu penyebar hoax. Kemudian menutup gerakan penegakan demokrasi ini dengan label anarkis, bentrok dan kerusuhan.

Saat pemilihan presiden, Natalius Pigai mendapat ujaran rasisme sama sejumlah oknum masyarakat Indonesia. Pada saat yang sama, pemerintah kolonial Indonesia mengeluarkan uang pecahan baru untuk sepuluh ribu rupiah.

Saat ini, setahun setelahnya, 11 rintangan politik dari periode Gerakan Melawan masih berada di balik jeruji. Namun tersebut yang dikenakan pasal makar sudah bebas usai menjalankan keseluruhan vonis dan waktu ini mereka sudah kembali berbuat aktivitas politik mereka.

Semua orang sudah melihat perlakuan melawan hukumnya sendiri, patokan Tuhan dan prinsip pokok yang tertuang dalam bervariasi macam kovenan internasional. Dan kemudian bersaksi dusta tentang pelanggaran HAM berat dan pembatasan ruang demokrasi Papua di hadapan media massa dan diatas mimbar PBB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *